tiada henti membangun bangsa

Posted: December 19, 2012 in Uncategorized

butterfly_effect

=======================================================

sedikit testimoni, Butterfly effect

Efek kupu-kupu – teori yang mengatakan bahwa seekor kupu-kupu yang menggerakkan udara di Peking hari ini dapat mengubah sistem badai di New York bulan depan.

Kutipan ini merupakan esensi teori chaos, suatu teori yang menyatakan bahwa berbagai kejadian besar (seperti suatu sistem badai) dapat dipengaruhi oleh berbagai kejadian yang tidak terduga dan tampak tidak berarti (turbulensi udara yang diciptakan oleh seekor kupu-kupu yang sedang terbang).

Perspektif teori chaos ini menafikan kemampuan para ilmuan untuk dengan yakin memprediksi akibat jangka panjang dari perubahan yang tampaknya kecil dalam berbagai kejadian.

Dunia memiliki kompleksitas yang hampir tidak dapat dipahami, dan kita memiliki keterbatasan untuk dapat memprediksi dan menjelaskan semua hal (Gleick dalam Davison, 2006, hlm. 154).

====================================================

mungkin kata ‘membangun bangsa’ terlihat hal yang sangat besar. Terkadang terbesit pemikiran dalam diri,”mana mungkin aku yang seorang biasa saja bisa membangun bangsa yang besar ini ??. Orang yang membangun peradaban harusnya para politisi, pemimpin negara ini.”. Apakah harus begitu ?

ada jagon, “karya besar dimulai dari karya-karya kecil”. Yap.. hal ini merupakan hal yang harus diakui bahwa sebuah langkah besar agar kuat memang harus dibarengi dengan langkah-langkah kecil juga, begitu pula dalam membangun peradaban. Setiap orang memiliki keahlian masing-masing yang akan berperan dalam membangun peradaban, semuanya. Yang menjadi pertanyaan, langkah yang kita capai apakah langkah yang memajukan atau memundurkan bangsa ini ?

mari kita majukan bangsa ini agar lebih baik dari sekarang dengan memaksimalkan peran positif kita masing-masing. Yang menjadi politisi jadilah politisi yang jujur, yang bergerak di bidang sosial tetep ikhlas dalam mengabdi, yang menjadi ilmuwan tetep bekerja keras memajukan ilmu-ilmu agar bisa diterapkan untuk mempermudah kehidupan, yang menjadi pebisnis jadilah pebisnis yang menjaga baik konsumen. Langkah-langkah kecil ini apabila diarahkan dengan baik akan membentuk karakter bangsa. Maka, akankah langkah-langkah ini diarahkan menuju karakter bangsa yang tangguh, bekerja keras, mandiri, agamis ??. atau langkah-langkah ini dimanfaatkan untuk kepentingan perorangan tertentu ??

maka dalam membangun bangsa tidak terlepas dari pentingnya pemimpin yang memiliki karakter hebat untuk mengarahkan langkah-langkah kecil tersebut ke persatuan menjadi langkah besar untuk mewujudkan karakter bangsa.

semoga yang menjadi pemimpin adalah pemimpin yang hebat, dan yang menjadi rakyat adalah rakyat yang tangguh.

belum tentu seorang menteri lebih baik dari seorang mahasiswa yang mau mengabdi kepada masyarakat. semua tergantung bagaimana usaha dan niat untuk memajukan bangsa, memajukan peradaban.

mari kita pahami peran masing-masing, dan maksimalkan peran masing-masing.

“karena setiap langkah yang kita gerakan kearah positif, maka akan menjadi positif bangsa ini “

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s