Makna dari Samurai

Posted: December 25, 2012 in Uncategorized

Image

“Kita bisa membuat cahaya dalam diri tumbuh menjadi sebuah bintang. Bintang akan meledak dan menjadi ratusan serpihan-serpihan cahaya. Dan setiap serpihan cahaya itu bagaikan sebuah pedang, yang dapat menghilangkan semua hal negatif dan membawa kesucian pada dunia ini.”

sedikit bercerita tentang samurai, barangkali ini efek terlalu sering menonton anime atau film yang berbau samurai. aku sendiri sangat tertarik terutama pada prinsip-prinsip mereka walau ada yang kurang setuju terutama masalah bunuh diri. Namun, tidak ada salahnya mengambil makna dari anime dan movie yang pernah di tonton.

saat menonton film samurai x ni, atau yang biasa di sebut kenshin sebagai tokoh utama. Saya menemukan berberapa prinsip samurai elite terutama kenshin, soijuro hiko  dan hajime saitou, mereka memiliki prinsip yang mereka percaya dan terus di pegang sampai mati. mulai dari “slay evil immediatelly” hajime saitou sebagai leader divisi 3 shinsengumi, kenshin yang selalu bilang untuk membantu orang yang lemah yang ada di hadapannya, sampai Okubo yang terus memperjuangkan revolusi walau dirinya sudah tiada dan Hiko yang tidak pernah mengingkari janjinya.mereka tidak hanya membangun prinsip yang mereka percaya dengan pedang, tapi juga mempertahankan prinsip tersebut.

Jika mendalami lebih jauh tentang prinsip-prinsip samurai, maka kita akan menemukan bahwa dibalik ketangkasan seorang samurai dalam memainkan pedang dan strategi bertempur, sesungguhnya mereka diarahkan untuk hidup dalam ketenangan jiwa dan keyakinanan hati. Prinsip ini betul-betul ditanamkan ke dalam pikiran dan hati seorang samurai, sehingga mereka senantiasa menghidupkan hati sebagai sumber cahaya dan keyakinan diri.
Hal yang paling mendasar dalam prinsip samurai adalah ajaran untuk senantiasa hidup dengan kejujuran terhadap diri sendiri; jika tidak, mereka dianggap belum benar-benar menjalani hidup secara utuh.
Ajaran tersebut meski tampak sederhana namun sesungguhnya sangat bermakna dan membawa kedamaian dalam hati setiap samurai. Jika telah jujur pada diri sendiri, maka secara spontan mereka pun akan jujur pada siapapun.
jika melihat film the last samurai maka akan menemuka adegan2 diatas.
kejujuran, kesopanan, kasih sayang antar sesama, dan kedamaian benar-benar tertanam dalam diri kesatria ini.
untuk lebih jelasnya berikut ada berbagai prinsip yang saya ambil dari berberapa sumber.

Isi pokok dari bushido sendiri ada 7 :

1. Gi : kebenaran
2. Yuu : keberanian
3. Jin : kebajikan
4. Rei : kesopanan
5. Makoto : kejujuran
6. Yo : kehormatan
7. Chuu : kesetiaan

walau di samurai terdapat tradisi bunuh diri (menurutku sisi negatif), tapi alangkkah baik kita ambil makna dari segi positif-positif diatas.

barangkali prinsip-prinisip diatas masih ada dalam budaya jepang sehingga ada berberapa pejabat yang gagal dan malu, mending mengundurkan diri. seperti pada kasus gempa yang membocorkan PLTN itu,

Kalo kita liat dari kanjinya, sebenernya kanji samurai merupakan gabungan dari 2 buah kanji, yaitu kanji “hito” yang berarti orang, dan kanji “tera” yang berarti kuil shinto. jadi kalo diartiin kanjinya secara mentah-mentah artinya “orang di kuil shinto” hehe, tapi kalo diartikan secara lebih dalam arti dari kanji samurai adalah “melayani atau membantu orang-orang dari kaum ningrat”.

Pada era kaisar meiji, pola modernisasi dalam militer mulai terbentuk. dan aturan bahwa kaum militer hanya terbatas dari kasta tertinggipun mulai hilang. Tapi walaupun jaman samurai sudah berakhir, jiwa dan pedoman hidup samurai kayaknya masih sangat lengket dengan masyarakat jepang masa kini.mungkin pola pikir dan pedoman hidup samurai perlu juga nih diangkat ke indonesia, tapi jangan makna negatifnya yang bunuh diri itu.

sumber :

diambil dari anime, movie, dan berbagai sumber referensi lainnya

semoga bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s